Pengertian Husnuzan

Senin, 03 Juni 20130 komentar


Husnuzan adalah suatu sikap atau perilaku yang memiliki prasangka baik, Berpikiran Positif, berpandangan mulia terhadap sesuatu yang ada di hadapannya. Maksudnya adalah selalu berprasangka baik dan berpikiran positif terhadap sesuatu sedang menimpanya, baik itu masalah yang berat ataupun yang sangat membebani hidupnya. Perilaku husnuzan termasuk akhlak terpuji atau akhlakul karimah karena hal tersebut dapat mendatangkan manfaat bagi seseorang. Oleh karena itu, perilaku husnuzan sangat dianjurkan dimiliki bagi setiap pribadi yang muslim. Contohnya orang yang memiliki sikap husnuzan, tentu tidak mudah menuduh orang lain, apalagi melempar kesalahan pada orang lain hanya untuk menutupi kelemahan dan kekurangan dirinya sendiri.

Lawan kata dari husnuzan adalah suuzan yang berarti berprasangka buruk terhadap Allah swt., Diri sendiri dan sesama manusia..

Bersikap suuzan tidak boleh dimiliki oleh setiap pribadi orang muslim karena perilaku tersebut tergolong akhlak mazmumah atau akhlak terceladan akan mendatangkan kerugian bagi seseorang. Selain itu Allah swt. juga melarang berperilaku suuzan atau berprasangka buruk, sebagaimana firman Allah swt. dalam surah Al-Hujurat ayat 12 yang berbunyi :



Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang." (Q.S Surah Al-Hujurat : 12)

Baca juga artikel lainnya ya!


Description:
Rating: 4.5
Reviewer: arya hidayat
ItemReviewed: Pengertian Husnuzan
Share this article :

Poskan Komentar

 
Member Of Komunitas Blogger Wajo | Template Created By The Divider
Copyright © 2013. Gagal Iptek - All Rights Reserved